Total Tayangan Halaman

Sabtu, 16 Februari 2013

Bongkar Pasang Kruk As

Jika anda mengalami trouble mesin yang mengharuskan membelah mesin sampai melepas kruk as dari kedudukannya maka pastikan bengkel yang melakukan pembelahan mesin tersebut adalah bengkel profesional yang memiliki special tools yg lengkap seperti treker magnit & treker kruk as tentunya harus disertai skill teoritical & practical yang baik pula.

Sering terjadi bengkel2 yang kurang bertanggung jawab melakukan pelepasan magnit & pemasangan kruk as dengan cara “digetok”/ dipukul dengan martil, tentunya hal ini perlu dihindari karena prinsipnya kruk as harus terposisi dengan baik pada crankcase & harus center pada kedua asnya, sebelum kita memasang kruk as tentunya kita melakukan “balancing position” di tukang bubut, maka saat pemasangan di crankcase tidak boleh terkena benturan sedikitpun agar posisi kruk as tetap center dan balans, untuk itu diperlukan alat khusus untuk menarik kruk as agar terposisi sempurna pada crankcase.

Pemasangan tidak sempurna mengakibatkan kruk as tidak center lagi & bahkan kedudukan kruk as terhadap bearing pun tidak benar jika ini terjadi maka potensi masalah yang akan timbul :

1 Mesin bergetar
2 Timbul suara kasar
3 Power mesin kurang
4 Boros bahan bakar
5 Stang seher, kruk as & bearing mudah rusak
6 Rumah bearing crankcase mudah aus bahkan retak krn getaran




2 komentar:

  1. new record... semalem di FRM ada kejadian luar biasa...

    mas hengky (mekanik FRM) selesai service jam 1 malam, alhasil selesai bongkar mio cuman bisa bengong aja di pinggir jalan...

    report gan : empunya MIO puas dengan hasilnya, dan si 200cc ngacir sampe pdk betung... siap2 aja kedatengan tamu di malam hari lagi dari pdk betung...

    stiker nya dong TS di buat,,
    sekalian foto2 yang semalem di upload

    BalasHapus
  2. Bang, neh new megapro kalau belok ke kiri kok agak berat ya bang ? Kalo kanan sih gpp... Apanya tuh ? Padahal sebelah kiri gak ada cewek cakep... Hehehhehe...

    BalasHapus